Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Meta Deskripsi yang Baik Di Halaman Website

Google menampilkan lebih dari 100 juta hasil kepada setiap pengguna dalam setiap pencarian. Oleh karena itu, bahasa persuasif dalam meta deskripsi, deskripsi singkat dari suatu halaman web pada halaman hasil pencarian Google, penting bagi pemasar daring sebagai bentuk persuasi.

Penelitian terapan ini meneliti penggunaan kiasan retorika dalam periklanan dalam meta deskripsi dan juga menyelidiki pendapat pemasar daring mengenai pentingnya penggunaan bahasa dan kiasan retorika dalam periklanan untuk penulisan meta deskripsi.

Kelompok sampel, berdasarkan 10 meta deskripsi pada halaman hasil pencarian Google dan 50 pemasar daring, dan berdasarkan purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner sembilan item.

Sepuluh meta deskripsi dianalisis dengan kerangka kerja retorika dalam periklanan pada artikel ini.

Selanjutnya, kuesioner dijawab oleh 50 pemasar daring. Hasil analisis terhadap 10 meta deskripsi menunjukkan empat meta deskripsi diterapkan sebanyak tiga kali dengan aliterasi sebesar 50%, anafora, anadiplosis, dan permainan kata sebanyak satu kali masing-masing sebesar 16,67%.

Meta Deskripsi

Hasil kuesioner menunjukkan bahwa penggunaan bahasa dan kiasan retorika dalam iklan penting untuk penulisan meta deskripsi.

Saat halaman web dilihat di SERP, pengguna akan membaca ringkasan singkat, atau cuplikan, yang menjelaskan halaman web tersebut. Ringkasan ini dapat dibuat dari konten di halaman atau langsung dari meta deskripsi.

Hal ini menunjukkan pentingnya meta deskripsi, karena deskripsi ini memengaruhi jumlah tampilan halaman web dan SERP

Meta Deskripsi yang baik yang berisi konten menarik dapat memberi peluang lebih besar bagi pemasar daring untuk mendapatkan pengunjung halaman web dan mengubah pengunjung menjadi prospek atau pelanggan baru.

Oleh karena itu, penting untuk membuat meta deskripsi menarik bagi audiens, pemasar daring harus fokus pada penggunaan meta deskripsi karena dua alasan berikut.

Pertama, kata kunci yang dimasukkan pengguna dalam pencarian mereka akan ditampilkan dalam huruf tebal dalam meta deskripsi jika ada di sana, yang membantu menarik perhatian pengguna.

Kedua, meta deskripsi akan ditampilkan di media sosial saat pengunjung membagikan halaman tersebut. Meta Deskripsi yang baik dapat menghasilkan lebih banyak pembagian dari orang-orang yang telah melihat halaman web tersebut dibagikan di media sosial.

Ada banyak pemasar daring yang menyarankan teknik meta deskripsi. Pemasar daring harus berhenti berfokus pada jumlah karakter, meskipun panjang maksimum teks meta deskripsi adalah 160 karakter.

Pentingnya Meta Deskripsi

Pertama~konten aktual meta deskripsi harus diberi prioritas lebih besar daripada jumlah karakter.

Kedua~ meskipun karakter yang melebihi batas 160 karakter akan dipotong, ada kemungkinan Google akan menaikkan batasan ini di masa mendatang, yang berarti konten meta deskripsi akan berfungsi dengan baik dalam hal pengalaman pengguna.

Di sisi lain, mengatakan bahwa meta deskripsi harus ringkas, pemasar daring menulis meta deskripsi kurang dari atau sama dengan 160 karakter.

Menjaga jumlah karakter memaksa pemasar daring untuk hanya memberikan informasi penting dan memastikan meta deskripsi tidak akan dipersingkat di SERP.

Menurut pendapat peneliti dalam makalah ini, pemasar daring harus menjadikan konten dalam meta deskripsi sebagai prioritas pertama, sambil tetap memastikan bahwa konten tersebut tidak terlalu panjang.

Meta deskripsi harus menarik dan unik, karena meta deskripsi yang menarik dapat memperoleh lebih banyak klik. Untuk tujuan ini, suara aktif merupakan salah satu teknik untuk membuat meta deskripsi lebih menarik.

Lebih jauh, untuk memastikan bahwa meta deskripsi terkait dengan konten, disarankan untuk menyediakan kata kunci dalam meta deskripsi.

Lebih lanjut mendukung gagasan bahwa meta deskripsi yang menarik terkait dengan topik halaman dan ditulis dengan baik. Selain itu, pemasar daring untuk memberi pengguna alasan untuk mengunjungi halaman web dengan memberi tahu mereka apa yang ditawarkan halaman tersebut.

Rekomendasikan untuk menulis meta deskripsi dengan nada hangat agar pelanggan merasa diterima

Menyediakan call-to-action atau penawaran dalam meta deskripsi merupakan strategi yang baik untuk menarik pelanggan untuk mengunjungi halaman web.

98% dari semua pemasar daring mengabaikan teknik SEO meskipun hal itu dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian. Untuk halaman web yang tidak memiliki meta deskripsi, Google akan secara otomatis memilih konten dari halaman web untuk ditampilkan pada cuplikan.

Seperti yang dikutip dalam Xiang dan Fesenmaier (2005), mereka mengatakan bahwa jika meta deskripsi tidak disediakan oleh pemasar daring, kalimat pertama dari konten di halaman atau konten yang paling sesuai dengan kata kunci pengguna akan ditampilkan sebagai gantinya.

Bagi orang yang ingin memeriksa meta deskripsi halaman, ada tiga langkah. Pertama, pengguna harus menahan tombol ctrl dan shift, lalu menekan huruf ‘I’.

(Alternatif untuk langkah pertama adalah mengklik kanan halaman dan memilih ‘inspect elements.’) Setelah itu, sumber HTML halaman akan ditampilkan.

Temukan kata ‘meta name’ atau ‘meta description’ dalam sumber HTML ini. Tag meta ditemukan dalam elemen dalam HTML, dengan meta deskripsi halaman ditampilkan dalam tanda kutip.

Contoh HTML meta deskripsi adalah <meta name="meta description content">

Meta deskripsi merangkum informasi yang terdapat dalam halaman web. Informasi tersebut akan ditampilkan dalam cuplikan di SERP untuk meyakinkan pengguna agar mengeklik situs tersebut.

Keuntungan dari klik-tayang adalah jumlah tampilan halaman yang lebih tinggi dengan manfaat berikutnya untuk peringkat pencarian.

Banyak pemasar daring menyarankan teknik penulisan untuk meta deskripsi, seperti berfokus pada konten daripada jumlah karakter, menulis konten dengan nada hangat, menjelaskan apa yang ditawarkan halaman web dan mengapa pengguna harus mengunjungi halaman web tersebut, dan menambahkan kata kunci dalam meta deskripsi.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Meta Deskripsi yang Baik Di Halaman Website"