Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunikasi Pemasaran(Marketing Communication) dan Jenis-jenisnya

Marketing communication dan jenis-jenis marketing

Pemasaran adalah cara menyampaikan pesan mengenai nilai suatu produk atau layanan kepada calon pelanggan dan pelanggan lama. Meskipun pemasaran sering dipahami sebagai sarana untuk menjual suatu produk tertentu, penjualan hanyalah salah satu dari penggunaan pemasaran.

Pemasaran dapat dipandang sebagai strategi dan fungsi untuk mempromosikan suatu produk atau layanan kepada pelanggan

Pemasaran saat ini tidak hanya dipandang sebagai cara untuk menjual produk atau layanan tertentu, tetapi juga sebagai cara untuk menciptakan dan memelihara hubungan dengan pelanggan serta membangun dan mengembangkan nama merek dan citra perusahaan.

pengertian-marketing-komunikasi-dalam-ilmu-SEO.jpg

Salah satu tujuan pemasaran adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan produknya. Pemasaran merupakan bidang yang luas dan terus berkembang seiring dengan tren dan perubahan di pasar global dan dunia bisnis. Ada banyak jenis pemasaran menurut cara yang digunakan dan tujuan yang ingin dicapai.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran internet telah memainkan peran yang sangat besar

Berikut adalah beberapa jenis pemasaran:

Internet Marketing- ini mencakup semua aktivitas pemasaran yang dilakukan secara daring, juga dikenal sebagai pemasaran daring. Jenis pemasaran ini dapat menggabungkan berbagai media dan sumber seperti iklan video, pemasaran email, kampanye promosi daring, dll.

Direct Marketing- jenis pemasaran ini bertujuan untuk mengirim pesan langsung ke konsumen, tanpa perlu menggunakan pihak ketiga. Contoh pemasaran langsung termasuk pemasaran melalui surat, pemasaran jarak jauh, dan penjualan langsung.

Social Media Marketing- jenis pemasaran yang saat ini berkembang pesat. Kampanye media sosial memberikan peluang bagi perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan mereka di Internet melalui berbagai jaringan sosial. Selain itu, media sosial memberikan umpan balik dan interaksi yang berharga dengan pelanggan.

Di antara media sosial yang paling umum digunakan adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, dan blog perusahaan.

Viral Marketing- Jenis pemasaran ini mengandalkan pesan yang dikirim untuk disebarkan dengan cepat melalui berbagai jejaring sosial dan Internet guna meningkatkan kesadaran merek.

Pemasaran ini sebagian besar digunakan untuk menarik perhatian khalayak luas dalam waktu singkat.

B2B Marketing- Ini adalah singkatan dari pemasaran bisnis ke bisnis. Ini melibatkan menciptakan kemitraan dan hubungan antara bisnis.

B2C Marketing- Singkatan dari pemasaran bisnis ke konsumen. Ini bertujuan untuk menjangkau konsumen yang kemungkinan akan membeli produk atau layanan mereka.

Pemasaran B2C sering kali mencakup berbagai teknik pemasaran- pemasaran promosi, pemasaran surat kabar, media, dan saat ini semakin banyak Internet.

Word of mouth- ini adalah salah satu cara paling sukses bagi suatu produk untuk mendapatkan popularitas dan kepercayaan. Dengan pertumbuhan media sosial, menjadi cepat dan nyaman bagi setiap orang untuk berbagi cerita, informasi, dan rekomendasi.

Diperoleh penelitian bahwa orang berbagi lebih dari 16.000 kata per hari dan setiap jam terjadi lebih dari 100 juta percakapan yang terkait dengan berbagai merek.

Ada dua alasan utama mengapa promosi dari Word of mouth sangat efektif. Alasan pertama dapat dikaitkan dengan fakta bahwa promosi dari mulut ke mulut lebih persuasif.

Promosi dari mulut ke mulut sering kali berasal dari sumber yang tepercaya dan karenanya memiliki dampak yang lebih besar pada penerima pesan.

Pesan iklan yang sering kali terlalu keras dapat diabaikan oleh konsumen. Alasan kedua mengapa promosi dari mulut ke mulut memiliki dampak yang besar adalah karena lebih terarah.

Sementara iklan biasa disampaikan pada berbagai waktu dalam sehari dan menjangkau berbagai orang yang memiliki minat yang berbeda, promosi dari mulut ke mulut diarahkan kepada audiens yang tertarik.

Orang-orang memberikan rekomendasi kepada seseorang yang mereka tahu tertarik pada subjek yang diberikan dan mungkin perlu membeli produk tertentu.

Pemasaran dari mulut ke mulut terhubung dengan blog hanya karena pada dasarnya blog merupakan iklan dari mulut ke mulut yang ditempatkan secara daring dan menjangkau khalayak yang luas.

Khalayak tersebut tertarik dengan pokok bahasan blog dan telah berinisiatif untuk mengakses internet dan membaca blog tersebut.

Hal ini memberikan peluang bagi para blogger untuk menjangkau sekelompok besar orang yang dapat menjadi calon pelanggan untuk produk atau layanan yang ditulis dalam blog tersebut.

Pemilihan jenis pemasaran yang tepat untuk digunakan bergantung pada berbagai faktor seperti: jenis perusahaan, produk atau layanan yang disediakan, seberapa mapan perusahaan tersebut di pasar, siapa saja pelanggannya, apa tujuan promosi, dll.

Posting Komentar untuk "Komunikasi Pemasaran(Marketing Communication) dan Jenis-jenisnya"