Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Keyword yang Tepat bagian dari SEO

Pada tahun 1997, BackRub berganti nama menjadi Googol. Namun pada presentasi nama pergantian tersebut Googol diperkenalkan menjadi Google. Ada cerita bahwa pada saat registrasi domain mereka salah ketik yang seharus Googol menjadi Google. Nama ini sekarang terus mendunia. (Google, 2010).

Penerapan Keyword

Mesin pencari Google menjadi mesin pencari yang menguasai mesin pencari di internet. Berdasarkan survei yang dilakukan Pew Internet (Purcell, Brenner, dan Rainie, 2012) dalam projectnya Search Engine Use 2012 pada Maret 2012 mengatakan:
“Google continues to dominate the list of most used search engines. Asked which search engine they use most often, 83% of search users say Google. The next most cited search engine is Yahoo, mentioned by just 6% of search users. When we last asked this question in 2004, the gap between Google and Yahoo was much narrower, with 47% of search users saying Google was their engine of choice and 26% citing Yahoo.”
Google berjalan pada jaringan terdistribusi dari ribuan komputer murah dan dapat melakukan pemrosesan paralel secara cepat. Pemrosesan paralel adalah metode perhitungan di mana banyak perhitungan dapat dilakukan secara simultan, secara signifikan mempercepat pengolahan data.

Google memiliki tiga bagian penting:


  • Googlebot, web crawler yang menemukan dan mengambil halaman web.

  • Google Indexer, pengindeks dari setiap kata pada setiap halaman dan menyimpan indeks yang dihasilkan kata dalam database yang besar.

  • Processor query, yang membandingkan permintaan pencarian oleh pengguna ke indeks dan merekomendasikan dokumen yang dianggap paling relevan.

Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan internet sebagai media bisnis, kebutuhan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi

Berikut ini adalah cara penerapan teknik SEO (Search Engine Optimization) pada Website

Pemilihan Domain

Langkah awal dalam internet marketing yang cukup penting adalah pemilihan domain. Karena pemilihan domain yang tepat terhadap barang dan jasa yang akan dipasarkan, sangat berpengaruh terhadap pencarian di internet. Mengapa sangat penting?

Pertama-penting untuk memprediksi jumlah kata atau keyword yang akan di ketik atau di-click oleh user dari nama domain yang tepat.

Kedua-pemilihan domain yang tepat akan membuat pengguna lebih terbiasa terhadap hubungannya dengan produk/jasa yang akan diketik dan di-click. Pada prinsipnya, setiap nama domain yang paling mendekati dengan keyword pencarian maka nama tersebut yang akan ditampilkan oleh Search Engine di posisi atas.

Microsoft dan Univesitas Stanford dalam risetnya Domain Bias in Web Search (2012), membuktikan bahwa pemilihan domain yang tepat akan meningkatkan pencarian pengguna sebanyak 25% (Ieong, Mishra, Sadikov, dan; Li, 2012).

Demikian juga riset yang dilakukan SEDO 2011, mengatakan dekripsi domain bisa dijadikan brand new. (Sedo, 2011). Langkah berikutnya adalah penentuan keyword dari keyword utamanya.

Keyword utamanya adalah coklat, selanjutnya menentukan turunan keyword dari keyword utamanya. Penentuan keyword yang tepat akan membantu banyak pengguna yang datang ke web. Jones, Malczyk, dan; Beneke (2011) mengatakan pemilihan kata kunci yang tepat akan mempromosikan web serta memastikan web secara online sampai pada orang yang tepat.

Google menyediakan tools yang dapat digunakan untuk memprediksi berapa banyak pengguna internet mengetik kata kunci “coklat”. Ini penting sekali karena dari sini dapat diperkirakan berapa besar peluang pengguna datang ke web.

Sebagai informasi, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata yang benar untuk penulisan coklat adalah “cokelat”. Tapi apabila dimasukkan ke dalam keyword planner, kata manakah yang paling banyak di ketik user pada mesin pencari google?

Sekarang keyword “coklat” dan “cokelat” dimasukan dalam tools keyword planner. Sebelumnya juga ditentukan bahwa wilayah pemasarannya hanya Indonesia. Terlihat bahwa, keyword“coklat” diperkirakan sebanyak 9.900 pengguna dan “cokelat” hanya 2.400 pengguna saja dalam sebulan.

Lihat juga tingkat kompetisi kedua entry tersebut masih low. Artinya kesempatan untuk mendapatkan pengguna yang datang ke web berdasarkan jumlah pengguna dan tingkat kompetisinya sangatlah besar.

Setelah memastikan bahwa keyword “coklat” lebih baik dari pada “cokelat” meskipun dalam Bahasa Indonesia yang benar adalah “cokelat”, maka selanjutnya adalah mencari turunan keyword dari coklat itu sendiri.

Ternyata ada 566 turunan dari keyword coklat. Karena pondokcoklat.com tidak menjual atau tidak menggunakan semua keyword maka haruslah dipilih keyword yang sesuai dengan produk yang dijual atau artikel-artikel yang nanti akan dibuat nantinya. Akhirnya dari 566 turunan keyword dipilih hanya keyword tertentu saja.

Perlu diingat bahwa keyword ini akan bisa bertambah sesuai dengan produk yang akan dijual atau artikel yang akan dibuat.

Adapun keyword turunan pertama yang dianggap sebagai keyword utama yang dipilih adalah: Pondok Coklat, toko coklat, coklat kesehatan, coklat praline, aneka coklat, coklat dark, coklat untuk kesehatan, coklat import, minuman coklat.

Pondok coklat adalah keyword tambahan sebagai “branding” yang diharapkan banyak pengguna yang mengetikkan keyword ini di mesin pencari google.

Meta Tag
Meta tag merupakan deskripsi dari website yang terdiri dari beberapa keyword utama. Deskripsi Meta tag penting karena Google akan menggunakannya sebagai deskripsi dari halaman web.

Menambahkan deskripsi meta tag untuk setiap halaman web merupakan praktik yang baik ketika Google tidak dapat membuat deskripsi yang baik tentang web (Google, 2010). Meta tag yang digunakan adalah “Toko Coklat, PondokCoklat.com. Kami menjual aneka coklat, coklat import, minuman coklat termasuk coklat kesehatan /terapi.”

SEO On Page
SEO on Page adalah optimasi secara maksimal yang dilakukan pada web itu sendiri.SEO on Page inilah inti dari SEO secara keseluruhan. Beberapa SEO on Page antara lain adalah:

  • Pemilihan Template SEO Friendly
  • Fix Permalink In Posts
  • Penggunaan Keyword Pada Postingan Halaman
  • Produk atau Artikel
  • Peletakan Keyword yang Tepat dan Gunakan Gambar Unik.

  • Pemilihan Template SEO Friendly
    Banyak template untuk website yang ada baik yang free ataupun berbayar. Template berbayar digunakan karena fitur yang ada sudah sangat lengkap untuk situs toko online.

    WPTOKO versi 3.1. digunakan, ini adalah template berbasis wordpress karena wordpress adalah template blog kepunyaan google. Selain template juga digunakan meta tag yang sesuai. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, akan ditempatkan Meta tag sebagai meta description agar google tidak mengalami kesulitan untuk membuat deskripsi yang baik untuk web.

    Fix Permalink in Posts
    Gunakan permalink yang sesuai dengan produk yang dibahas pada suatu halaman web. Jadi permalink yang sudah dibuat otomatis oleh wordpress, diganti menggunakan kata-kata.

    Secara default permalink pada postingan adalah seperti ini Permalink: https://pondokcoklat.com/56748 menjadi https://pondokcoklat.com/coklat-silverqueen-bites-almond.

    Usahakan permalink cukup unik tidak sama dengan produk sejenis yang dijual di toko online lainnya karena google lebih menyukai permalink yang unik.

    Penggunaan Keyword pada Postingan Halaman Produk atau Artikel
    Untuk setiap halaman web yang berisi artikel maupun postingan produk harus diberi keyword yang tepat. Pemilihan keyword yang tepat akan diimplementasikan pada posting-an di halaman web.

    Jadi setiap posting-an halaman web harus berisi satu atau lebih keyword hasil dari Google Keyword Planner.

    Peletakan Keyword yang Tepat

    Ada beberapa panduan dalam peletakan keyword sesuai kaidah SEO pada posting-an, baik itu di produk maupun artikel, antara lain (Vaughan, 2008):

    1. Judul postingan produk atau artikel harus menggunakan keyword.
    2. Link artikel harus berisi keyword. Contoh pada permalink.
    3. Meta tag/Meta Description harus berisi keyword.
    4. Judul artikel harus menggunakan keyword.
    5. Paragraf pertama dari artikel harus berisi keyword.
    6. Menggunakan gambar unik yang telah di alt tag dengan keyword.

    Gunakan Gambar Unik
    Dalam kaidah SEO, untuk mendapat nilai yang baik di mata mesin pencari, harus menggunakan gambar-gambar yang unik, jadi gambar yang dimasukkan belum ada di website lain.

    Usahakan gambar-gambar tersebut adalah kreasi dari perancang/pemilik web kecuali memang jika tidak dapat membuat gambar sendiri. Sebenarnya, ada layanan dari internet yang menyediakan gambar-gambar walaupun untuk keanggotaannya harus berbayar.

    Di pondokcoklat.com, hampir semua gambar produk yang dipajang menggunakan gambar yang dibuat sendiri, kecuali untuk artikel dan beberapa produk saja.

    Percepat Waktu Loading Halaman Web
    Template yang digunakan wptoko versi 3.1 adalah template yang kemampuan loading-nya cukup cepat. Web di-hosting di hostgator, salah satu hosting yang cukup cepat.

    Gambar-gambar yang digunakan juga gambar-gambar yang berukuran tidak besar karena untuk menghindari waktu loading yang lama.

    Banyaknya Indeks yang Dihasilkan
    Untuk melihat indeks yang ada pada suatu web tinggal ketik saja perintah “ site:xyz.com” pada address URL. Dengan memasukkan perintah “site:pondokcoklat.com”, maka diperoleh indeks sebanyak 212 indeks. Semakin banyak banyak indeks, maka semakin baik.

    Artinya jika produk terus ditambahkan untuk dijual maka indeks yang dihasilkan juga semakin banyak.

    Hasil ScoreSEO

    Berapa SEO score yang diperoleh web pondokcoklat.com dengan menerapkan hal-hal yang disebutkan diatas? Banyak tools yang tersedia gratis yang dapat digunakan untuk menghitung score SEO dari suatu web, salah satunya adalah whois.domaintools.com.

    Hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh whois.domaintools.com dapat dilihat pada gambar 1.

    Keyword bagian dari SEO

    Terlihat pada Gambar 1, Score SEO pada pondokcoklat.com sebesar 91%. Nilai yang sangat baik, artinya pondokcoklat.com telah dibuat dengan kaidah SEO yang benar.

    Hasil Analisa Trafik Kunjungan
    Berdasarkan hasil dari flag counter yang kita gunakan di web untuk menghitung besarnya kunjungan. Domain pondokcoklat.com di beli pada tanggal 22 Februri 2013.

    Hasil Score SEO

    Gambar 2 memperlihatkan pada Juli 2013, hanya membutuhkan waktu empat bulan saja, pengunjung uniknya sudah mencapai 87-190 pengunjung per hari. Jumlah pengunjung ini murni dari implementasi SEO tanpa menggunakan back link.

    Demikianlah jika kita menerapkan semua teknik SEO seperti tulisan di atas termasuk keyword yang tepat. Jika ingin Jago membuat Website dan penerapan SEO silahkan ikuti kami terus.

    Posting Komentar untuk "Penerapan Keyword yang Tepat bagian dari SEO"