Riset Kata Kunci: Cara paling mudah belajar SEO
Cara melakukan SEO: Optimasi pada halaman
Cara mudah SEO ini berlaku untuk Blogger, Wordpress, Weebly dan platform lainnya.

Sekarang saatnya untuk membahas cara melakukan SEO yang sebenarnya—cara mengoptimalkan situs web Anda untuk faktor-faktor ini sehingga Anda dapat memperoleh peringkat yang lebih tinggi di Google dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Ini memerlukan kombinasi optimasi pada halaman, di luar halaman, dan teknis, jadi kita akan mengatur langkah-langkahnya dengan cara tersebut. Berikut adalah langkah-langkah optimasi pada halaman Anda:
1. Mulailah dengan riset kata kunci SEO
Langkah pertama dalam optimasi mesin pencari adalah menentukan kata kunci yang ingin Anda optimalkan. Ini adalah istilah yang kemungkinan diketik pengunjung situs web ideal Anda di Google atau mesin pencari lainnya, dan setiap halaman di situs Anda harus menargetkan kelompok kata kunci yang berbeda sehingga tidak saling bersaing.

Buat daftar benih Anda: Mulailah dengan mencantumkan kata dan frasa yang diketik pelanggan ideal Anda di Google. Pikirkan tentang minat, keinginan, kendala, dan tujuan mereka, dan pikirkan dalam konteks bahasa yang mereka gunakan, yang mungkin berbeda dari yang Anda (sebagai pakar) gunakan.
Masukkan mereka ke alat riset kata kunci: Alat riset kata kunci akan memberi Anda data seputar kata kunci ini sehingga Anda dapat melihat istilah mana yang mungkin dapat Anda rangking dan di mana peluang terbaik sebenarnya berada. Metrik meliputi:
Volume penelusuran: Seberapa sering istilah itu ditelusuri per bulan.
Persaingan: Seberapa sulitnya untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci itu.
Anda dapat merujuk ke panduan mendalam kami tentang riset kata kunci di sini ( isi link postingan lain)
2. Buat konten berkualitas yang menargetkan kata kunci tersebut
Halaman navigasi utama Anda (beranda, tentang kami, kontak, produk, layanan) akan menargetkan kata kunci, tetapi sebagian besar penargetan kata kunci Anda akan berasal dari konten berformat panjang dalam bentuk posting blog. Konten SEO yang berkualitas adalah:
Sesuai dengan maksud kata kunci: Pastikan konten Anda menyediakan informasi yang dicari orang saat mereka mencari kata kunci ini. Inilah sebabnya Anda harus selalu mencari kata kunci tersebut di Google terlebih dahulu.
Memberikan pengalaman yang baik: Bebas dari pop-up atau CTA yang terlalu agresif atau elemen yang mengganggu lainnya; menggunakan gambar untuk menggambarkan konsep, dan dimuat dengan cepat dan tepat di semua perangkat (lebih lanjut tentang ini nanti di bagian SEO teknis).
Dibaca secara alami: Jangan masukkan kata kunci. Tulislah seperti manusia yang berbicara kepada audiens Anda; bukan penulis konten yang mencoba mengoptimalkan halaman untuk mesin pencari.
Mendalam: Google tidak tertarik pada halaman yang tipis, duplikat, atau bernilai rendah. Ini berarti 1.500-2.500 kata informasi yang akurat dan terkini.
Terorganisir: Gunakan tag judul untuk menunjukkan hierarki informasi pada halaman.
3. Tempatkan kata kunci Anda
Selain secara alami di badan konten Anda, Anda juga perlu menempatkan kata kunci di tempat-tempat tertentu di halaman untuk menunjukkan kepada Google apa yang ingin Anda rangking. Ini termasuk:
Judul SEO (tag judul)
Judul halaman (tag H1)
Minimal dua judul H2
Teks alt gambar
Nama berkas gambar
Tulisan natural di page/postingan
URL
Deskripsi meta
4. Optimalkan judul Anda
Untuk setiap halaman di situs web Anda, Anda sebenarnya memiliki dua judul. Tag judul adalah judul yang muncul di SERP dan merupakan satu-satunya tempat paling berpengaruh untuk meletakkan kata kunci Anda.
Tag H1 adalah judul yang muncul di halaman saat Anda mengkliknya. Apakah keduanya sama atau tidak tergantung pada halamannya.

Untuk mengoptimalkan judul Anda, pastikan untuk:
Sertakan kata kunci: Jika Anda dapat melakukannya dengan cara yang alami dan menarik, tambahkan juga beberapa kata kunci terkait di sekitar istilah tersebut.
Hanya gunakan satu H1 per halaman: Ini harus menjadi judul utama Anda, dan H2 harus digunakan untuk memberi label pada bagian utama Anda.
Pastikan tag judul tidak lebih dari 55-60 karakter: Seberapa banyak yang akan ditampilkan Google bervariasi (berdasarkan piksel, bukan jumlah karakter), jadi awali dengan kata kunci.
Tunjukkan nilai: Apa yang didapatkan pengguna dari halaman? Ini memengaruhi apakah mereka mengekliknya di SERP atau di situs Anda, dan apakah mereka terus membaca.
5. Optimalkan deskripsi meta Anda
Deskripsi meta adalah deskripsi yang muncul di SERP di bawah tag judul. Google tidak selalu menampilkan deskripsi yang Anda berikan di SERP; Google suka membuat deskripsinya sendiri berdasarkan kueri, tetapi tetap penting untuk mengoptimalkan SEO. Google membaca deskripsi ini saat menjelajahi halaman untuk memahami isinya.
Untuk mengoptimalkan deskripsi meta Anda:
Sertakan kata kunci dan kata kunci terkait jika Anda dapat melakukannya dengan cara yang alami dan menarik. Buatlah singkat: Panjang deskripsi meta yang ideal adalah 155-165 karakter.
Buatlah menarik: Ingat, muncul di hasil penelusuran hanyalah langkah pertama! Anda tetap perlu membuat penelusur mengeklik. Sertakan deskripsi yang ringkas, manfaat yang jelas, dan ajakan untuk bertindak, seperti teks iklan!
Berikut ini contoh deskripsi meta di dunia nyata dalam hasil penelusuran:

6. Sertakan dan optimalkan gambar
Gambar merupakan pemain kunci dalam optimasi SEO. Gambar membuat pengguna tetap terlibat dengan halaman Anda, meningkatkan kualitas informasi, dan memberikan peluang bagi Anda untuk menentukan peringkat dan menghasilkan lalu lintas ke halaman host mereka melalui hasil gambar. Selain itu, Google semakin membuat SERP lebih visual.
Teks alt juga membuat situs Anda dapat diakses oleh pembaca layar, dan jika gambar rusak, teks alt akan tetap muncul. Jangan masukkan kata kunci di sini. Bayangkan Anda sedang mendeskripsikan gambar kepada seseorang yang tidak dapat melihatnya—itulah gunanya gambar itu!

Kompres: Gambar besar dapat memperlambat kecepatan situs Anda. Kompres gambar untuk mengurangi ukuran file dan menyesuaikan ukurannya dengan benar. Anda tidak perlu gambar yang lebih lebar dari 1000 piksel, tetapi setiap situs berbeda. Pada coding gambar di Blogspot ini saya sudah setting sehingga ukuran gambar lebih baik di template blogger ini
Contohnya ini
Isi url postingan/page sobat
title="Optimasi Gambar"
img alt=Optimasi Gambar agar lebih friendly
height="375"
width="300"
src="isi url gambar"
7. Tautan internal dan eksternal
Saat melakukan SEO untuk postingan blog, Anda sebaiknya menambahkan tautan internal dan eksternal.

Tautan eksternal: Temukan 1-3 halaman yang relevan dengan topik yang Anda targetkan, di situs lain yang memiliki otoritas domain tinggi, dan tautkan ke halaman tersebut di postingan Anda. Ini membantu membangun kepercayaan dengan Google.
Tautan internal: Tautkan ke postingan blog lain di situs Anda dalam konten postingan yang Anda tulis—seperti yang saya lakukan di poin terakhir, menggunakan "otoritas domain tinggi" sebagai teks jangkar saya.
Ini memberi Google beberapa jalur ke postingan tertentu, sehingga situs Anda lebih mudah dijelajahi secara keseluruhan.
Jumlah yang disertakan di sini bergantung pada panjang postingan dan jumlah konten lain yang tersedia untuk ditautkan. Pastikan tautan relevan dengan halaman dan teks jangkar yang Anda gunakan.
8. Dapatkan dan raih backlink
Backlink, atau tautan ke situs Anda dari situs web lain, adalah faktor peringkat Google terpenting ketiga. Backlink dari situs dengan kredibilitas lebih tinggi, tentu saja, lebih berharga daripada backlink dari situs dengan kredibilitas lebih rendah. Semakin banyak backlink berkualitas tinggi yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat Anda.

Jadi, bagaimana cara mendapatkan lebih banyak backlink? Ada beberapa strategi, tetapi beberapa di antaranya meliputi:
9. Bagikan konten Anda di media sosial
Selain menautkan ke beranda Anda di profil media sosial, Anda juga harus membagikan postingan blog Anda secara berkala dengan feed Anda. Ini akan menghasilkan lalu lintas rujukan, dan semakin banyak orang yang melihat postingan, semakin tinggi peluang menghasilkan tautan balik.
Media sosial sendiri bukanlah faktor peringkat Google secara langsung, tetapi aktivitas Anda di platform dan keterlibatan pengguna dengan konten Anda di sana mengirimkan sinyal sosial ke Google yang memengaruhi peringkat Anda.
10. Bangun reputasi merek Anda
Saat menentukan seberapa tinggi peringkat halaman tertentu di situs Anda, Google tidak hanya melihat satu halaman itu. Google mempertimbangkan merek Anda secara keseluruhan, yang dilakukannya dengan melihat informasi lain tentangnya di seluruh web—termasuk ulasan, peringkat, daftar, penghargaan, dan bahkan penyebutan merek yang tidak ditautkan.
Karena itu, membangun reputasi merek Anda dengan mengoptimalkan daftar, mendapatkan liputan pers yang positif, dan meminta ulasan sangat penting untuk SEO. Sebagian besar hal ini termasuk dalam ranah SEO lokal, tetapi ada banyak strategi membangun merek yang berlaku untuk bisnis non-fisik juga.
"Terlalu Rumit!!", "Saya Malas melakukanya", "Cape boss" "Saya gaptek", serahkan saja kepada Jago SEO dan Website Bekasi
Cara mudah SEO ini berlaku untuk Blogger, Wordpress, Weebly dan platform lainnya.

Sekarang saatnya untuk membahas cara melakukan SEO yang sebenarnya—cara mengoptimalkan situs web Anda untuk faktor-faktor ini sehingga Anda dapat memperoleh peringkat yang lebih tinggi di Google dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Ini memerlukan kombinasi optimasi pada halaman, di luar halaman, dan teknis, jadi kita akan mengatur langkah-langkahnya dengan cara tersebut. Berikut adalah langkah-langkah optimasi pada halaman Anda:
- Mulailah dengan riset kata kunci
- Buat konten berkualitas yang menargetkan kata kunci tersebut
- Tempatkan kata kunci Anda
- Optimalkan judul Anda
- Optimalkan deskripsi meta Anda
- Sertakan dan optimalkan gambar
- Tautan internal dan eksternal
1. Mulailah dengan riset kata kunci SEO
Langkah pertama dalam optimasi mesin pencari adalah menentukan kata kunci yang ingin Anda optimalkan. Ini adalah istilah yang kemungkinan diketik pengunjung situs web ideal Anda di Google atau mesin pencari lainnya, dan setiap halaman di situs Anda harus menargetkan kelompok kata kunci yang berbeda sehingga tidak saling bersaing.
Cara melakukan riset kata kunci untuk SEO
Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk menemukan kata kunci terbaik yang ditargetkan dengan konten organik Anda:
Buat daftar benih Anda: Mulailah dengan mencantumkan kata dan frasa yang diketik pelanggan ideal Anda di Google. Pikirkan tentang minat, keinginan, kendala, dan tujuan mereka, dan pikirkan dalam konteks bahasa yang mereka gunakan, yang mungkin berbeda dari yang Anda (sebagai pakar) gunakan.
Masukkan mereka ke alat riset kata kunci: Alat riset kata kunci akan memberi Anda data seputar kata kunci ini sehingga Anda dapat melihat istilah mana yang mungkin dapat Anda rangking dan di mana peluang terbaik sebenarnya berada. Metrik meliputi:
Volume penelusuran: Seberapa sering istilah itu ditelusuri per bulan.
Persaingan: Seberapa sulitnya untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci itu.
Anda dapat merujuk ke panduan mendalam kami tentang riset kata kunci di sini ( isi link postingan lain)
2. Buat konten berkualitas yang menargetkan kata kunci tersebut
Halaman navigasi utama Anda (beranda, tentang kami, kontak, produk, layanan) akan menargetkan kata kunci, tetapi sebagian besar penargetan kata kunci Anda akan berasal dari konten berformat panjang dalam bentuk posting blog. Konten SEO yang berkualitas adalah:
Sesuai dengan maksud kata kunci: Pastikan konten Anda menyediakan informasi yang dicari orang saat mereka mencari kata kunci ini. Inilah sebabnya Anda harus selalu mencari kata kunci tersebut di Google terlebih dahulu.
Memberikan pengalaman yang baik: Bebas dari pop-up atau CTA yang terlalu agresif atau elemen yang mengganggu lainnya; menggunakan gambar untuk menggambarkan konsep, dan dimuat dengan cepat dan tepat di semua perangkat (lebih lanjut tentang ini nanti di bagian SEO teknis).
Dibaca secara alami: Jangan masukkan kata kunci. Tulislah seperti manusia yang berbicara kepada audiens Anda; bukan penulis konten yang mencoba mengoptimalkan halaman untuk mesin pencari.
Mendalam: Google tidak tertarik pada halaman yang tipis, duplikat, atau bernilai rendah. Ini berarti 1.500-2.500 kata informasi yang akurat dan terkini.
Terorganisir: Gunakan tag judul untuk menunjukkan hierarki informasi pada halaman.
3. Tempatkan kata kunci Anda
Selain secara alami di badan konten Anda, Anda juga perlu menempatkan kata kunci di tempat-tempat tertentu di halaman untuk menunjukkan kepada Google apa yang ingin Anda rangking. Ini termasuk:
4. Optimalkan judul Anda
Untuk setiap halaman di situs web Anda, Anda sebenarnya memiliki dua judul. Tag judul adalah judul yang muncul di SERP dan merupakan satu-satunya tempat paling berpengaruh untuk meletakkan kata kunci Anda.
Tag H1 adalah judul yang muncul di halaman saat Anda mengkliknya. Apakah keduanya sama atau tidak tergantung pada halamannya.

Untuk mengoptimalkan judul Anda, pastikan untuk:
Sertakan kata kunci: Jika Anda dapat melakukannya dengan cara yang alami dan menarik, tambahkan juga beberapa kata kunci terkait di sekitar istilah tersebut.
Hanya gunakan satu H1 per halaman: Ini harus menjadi judul utama Anda, dan H2 harus digunakan untuk memberi label pada bagian utama Anda.
Pastikan tag judul tidak lebih dari 55-60 karakter: Seberapa banyak yang akan ditampilkan Google bervariasi (berdasarkan piksel, bukan jumlah karakter), jadi awali dengan kata kunci.
Tunjukkan nilai: Apa yang didapatkan pengguna dari halaman? Ini memengaruhi apakah mereka mengekliknya di SERP atau di situs Anda, dan apakah mereka terus membaca.
5. Optimalkan deskripsi meta Anda
Deskripsi meta adalah deskripsi yang muncul di SERP di bawah tag judul. Google tidak selalu menampilkan deskripsi yang Anda berikan di SERP; Google suka membuat deskripsinya sendiri berdasarkan kueri, tetapi tetap penting untuk mengoptimalkan SEO. Google membaca deskripsi ini saat menjelajahi halaman untuk memahami isinya.
Untuk mengoptimalkan deskripsi meta Anda:
Sertakan kata kunci dan kata kunci terkait jika Anda dapat melakukannya dengan cara yang alami dan menarik. Buatlah singkat: Panjang deskripsi meta yang ideal adalah 155-165 karakter.
Buatlah menarik: Ingat, muncul di hasil penelusuran hanyalah langkah pertama! Anda tetap perlu membuat penelusur mengeklik. Sertakan deskripsi yang ringkas, manfaat yang jelas, dan ajakan untuk bertindak, seperti teks iklan!
Berikut ini contoh deskripsi meta di dunia nyata dalam hasil penelusuran:

6. Sertakan dan optimalkan gambar
Gambar merupakan pemain kunci dalam optimasi SEO. Gambar membuat pengguna tetap terlibat dengan halaman Anda, meningkatkan kualitas informasi, dan memberikan peluang bagi Anda untuk menentukan peringkat dan menghasilkan lalu lintas ke halaman host mereka melalui hasil gambar. Selain itu, Google semakin membuat SERP lebih visual.
Berikut cara melakukan optimasi SEO untuk gambar:
Nama file: Simpan nama file dengan kata kunci, dengan tanda hubung, bukan spasi. Tambahkan teks alt: Teks alt adalah teks alternatif dari gambar, dan begitulah cara Google "melihat" gambar di halaman dan mendeteksi relevansinya dengan kata kunci.Teks alt juga membuat situs Anda dapat diakses oleh pembaca layar, dan jika gambar rusak, teks alt akan tetap muncul. Jangan masukkan kata kunci di sini. Bayangkan Anda sedang mendeskripsikan gambar kepada seseorang yang tidak dapat melihatnya—itulah gunanya gambar itu!

Kompres: Gambar besar dapat memperlambat kecepatan situs Anda. Kompres gambar untuk mengurangi ukuran file dan menyesuaikan ukurannya dengan benar. Anda tidak perlu gambar yang lebih lebar dari 1000 piksel, tetapi setiap situs berbeda. Pada coding gambar di Blogspot ini saya sudah setting sehingga ukuran gambar lebih baik di template blogger ini
Contohnya ini
7. Tautan internal dan eksternal
Saat melakukan SEO untuk postingan blog, Anda sebaiknya menambahkan tautan internal dan eksternal.

Tautan eksternal: Temukan 1-3 halaman yang relevan dengan topik yang Anda targetkan, di situs lain yang memiliki otoritas domain tinggi, dan tautkan ke halaman tersebut di postingan Anda. Ini membantu membangun kepercayaan dengan Google.
Tautan internal: Tautkan ke postingan blog lain di situs Anda dalam konten postingan yang Anda tulis—seperti yang saya lakukan di poin terakhir, menggunakan "otoritas domain tinggi" sebagai teks jangkar saya.
Ini memberi Google beberapa jalur ke postingan tertentu, sehingga situs Anda lebih mudah dijelajahi secara keseluruhan.
Jumlah yang disertakan di sini bergantung pada panjang postingan dan jumlah konten lain yang tersedia untuk ditautkan. Pastikan tautan relevan dengan halaman dan teks jangkar yang Anda gunakan.
Cara melakukan SEO: Optimasi di luar halaman
Semua langkah di atas adalah strategi SEO di halaman. SEO di luar halaman, di sisi lain, adalah apa yang Anda lakukan di halaman lain situs web Anda, situs web lain, dan bahkan platform lain untuk membantu halaman Anda mendapat peringkat. Berikut adalah beberapa taktik SEO di luar halaman.8. Dapatkan dan raih backlink
Backlink, atau tautan ke situs Anda dari situs web lain, adalah faktor peringkat Google terpenting ketiga. Backlink dari situs dengan kredibilitas lebih tinggi, tentu saja, lebih berharga daripada backlink dari situs dengan kredibilitas lebih rendah. Semakin banyak backlink berkualitas tinggi yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat Anda.

Jadi, bagaimana cara mendapatkan lebih banyak backlink? Ada beberapa strategi, tetapi beberapa di antaranya meliputi:
- Memproduksi konten asli dan autentik yang layak mendapatkan backlink.
- Secara proaktif menjangkau situs-situs yang tautan ke konten Anda akan menjadi tambahan yang bermanfaat.
- Posting tamu
- Liputan PR(Page Ranking)
9. Bagikan konten Anda di media sosial
Selain menautkan ke beranda Anda di profil media sosial, Anda juga harus membagikan postingan blog Anda secara berkala dengan feed Anda. Ini akan menghasilkan lalu lintas rujukan, dan semakin banyak orang yang melihat postingan, semakin tinggi peluang menghasilkan tautan balik.
Media sosial sendiri bukanlah faktor peringkat Google secara langsung, tetapi aktivitas Anda di platform dan keterlibatan pengguna dengan konten Anda di sana mengirimkan sinyal sosial ke Google yang memengaruhi peringkat Anda.
10. Bangun reputasi merek Anda
Saat menentukan seberapa tinggi peringkat halaman tertentu di situs Anda, Google tidak hanya melihat satu halaman itu. Google mempertimbangkan merek Anda secara keseluruhan, yang dilakukannya dengan melihat informasi lain tentangnya di seluruh web—termasuk ulasan, peringkat, daftar, penghargaan, dan bahkan penyebutan merek yang tidak ditautkan.
Karena itu, membangun reputasi merek Anda dengan mengoptimalkan daftar, mendapatkan liputan pers yang positif, dan meminta ulasan sangat penting untuk SEO. Sebagian besar hal ini termasuk dalam ranah SEO lokal, tetapi ada banyak strategi membangun merek yang berlaku untuk bisnis non-fisik juga.
"Terlalu Rumit!!", "Saya Malas melakukanya", "Cape boss" "Saya gaptek", serahkan saja kepada Jago SEO dan Website Bekasi
Posting Komentar untuk "Riset Kata Kunci: Cara paling mudah belajar SEO"